Mengapa Bersepeda Itu Baik untuk Otak Anda?




Sudah menjadi rahasia umum bahwa bersepeda itu sehat. tekanan darah yang lebih rendah, kadar kolesterol yang lebih baik, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 dan membangun otot sambil menurunkan berat badan hanyalah beberapa manfaat yang terkait dengan bersepeda dan banyak lagi yang lainnya. Tetapi bagaimana bersepeda bisa berdampak pada otak?

Endorfin.
Semua orang tahu tentang berlari, perasaan euforia dan aliran yang kadang dialami pelari selama latihan mereka. Masih bisa diperdebatkan apakah ada yang setara untuk pengendara sepeda, ada yang bilang ya, ada yang bilang tidak. Tetapi jelas bahwa bersepeda membuat orang senang. Kok bisa? Saat Anda berolahraga, produksi bahan kimia seperti serotonin dan dopamin di otak Anda meningkat. Lebih jauh lagi, ketika Anda berolahraga, hormon pertumbuhan yang meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak dilepaskan, merangsang pelepasan endorfin penambah suasana hati yang membuat Anda merasa bahagia: Serotonin membuat Anda merasa percaya diri, dopamin membuat Anda berenergi dan termotivasi.

Konsentrasi, ingatan dan alasan.
Latihan aerobik seperti bersepeda berkontribusi untuk menyediakan otak dengan aliran darah yang memadai, yang berarti bahwa oksigen dan nutrisi yang cukup diangkut ke otak. Ini penting, bagaimanapun, otak menggunakan 20% energi tubuh. Jika otak dipasok dengan baik, efek positif pada ingatan seseorang dan keterampilan bernalar dapat dicatat. Bersepeda juga dikenal untuk menjernihkan pikiran dan memungkinkan Anda untuk fokus, karena bersepeda selama 30 menit dengan sekitar 75% dari denyut jantung maksimum Anda adalah titik manis ketika ketajaman mental Anda dipertajam, tetapi Anda tidak lelah dari latihan. Pada saat ini juga bahan kimia yang terasa enak seperti serotonin dan dopamin dilepaskan.

Neurogenesis.
Bertentangan dengan kepercayaan sebelumnya, neuron baru berkembang pada anak-anak dan orang dewasa, meskipun pada tingkat yang terbatas pada orang dewasa. Proses ini disebut neurogenesis dan dipupuk oleh protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang membantu mempertahankan neuron yang ada dan berkontribusi pada pembentukan yang baru. Dengan cara ini, BDNF membantu fungsi otak dalam hal yang sehat. BDNF juga membuat neuron baru terhubung dengan yang lama melalui sinapsis - dan semakin banyak neuron dan sinapsis di otak Anda, maka semakin tinggi kemampuan kognitif Anda!


Relaksasi
Olahraga teratur menurunkan risiko depresi dan mengurangi tingkat stres Anda. Hanya 15 menit bersepeda menurunkan jumlah kortisol, hormon stres. Efek mengurangi stres dari bersepeda semakin ditingkatkan dengan berkendara di luar ruangan karena berada di alam telah terbukti mengurangi stres dan membuat Anda merasa termotivasi dan bahagia. Olahraga ketahanan seperti bersepeda juga berkontribusi untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik. (bikemap)

Comments

Post a Comment

Popular Posts