Perlengkapan Bersepeda JARAK JAUH



Pannier - atau tas yang biasa dipasang di beberapa bagian sepeda banyak tersedia di pasaran dari yang berharga murah hingga yang mahal, dari yang harus pakai pelindung hingga yang anti air. Tas ini terbagi lagi dalam beberapa istilah, biasanya yang berbentuk kotak dipasang di kiri dan kanan sepeda, baik didepan maupun di belakang disangga oleh rak disebut pannier, sedangkan barang yang disimpan di depan stang, dibelakang sadel dan diantara segitiga frame biasa disebut bikepacking yang hanya mengandalkan tali saja tanpa bantuan rak, fungsi dari keduanya sama saja yaitu sebagai media pembawa barang.    

Kacamata - Sebagian besar pengendara sepeda melihat kacamata hitam sebagai bagian penting dari sebuah perjalanan. Berfungsi pada saat cuaca cerah dengan terpaan matahari yang terik juga sebagai penyaring dari debu-debu atau pasir beterbangan yang berasal dari kendaraan besar seperti banyak terjadi di negara kita, alat ini juga bermanfaat saat kita memasuki daerah yang banyak serangga terbang lainnya. 

Kompor dan bahan bakar  - Banyak terdapat jenis kompor berikut bahan bakarnya yang  dapat anda gunakan pada perjalanan anda. Tergantung kemana anda akan pergi dan berapa lama anda berencana berpetualang.

Garpu dan sendok - Jika anda berencana untuk memasak makanan sendiri anda akan memerlukan beberapa peralatan makan. Garpu ringan dan sendok bisa dibungkus dalam sapu tangan dan ikat dengan beberapa karet gelang sehingga mereka tidak menjadi mainan di dalam tas anda.

Charger batere - Jika Anda membawa ponsel, iPod, kamera, atau perangkat elektronik lainnya, anda perlu membawa berbagai pengisi daya listrik. Jika anda memang harus membawa perangkat-perangkat tersebut, cobalah dengan cara lain yaitu yang menggunakan baterai AA atau AAA isi ulang. Dengan cara ini anda dapat membawa pengisi daya baterai murah dan menggunakan baterai di semua perangkat anda. Saya tahu bahwa banyak perangkat tidak memberikan Anda pilihan untuk berfungsi dengan baterai AA, sehingga dalam kasus ini, anda terjebak membawa banyak charger. hanya melakukan yang terbaik untuk membawa sesedikit mungkin pengisi daya. Saat ini juga sudah tersedia sollar sel kecil yang bisa memenuhi kebutuhan barang elektronik anda.

Makanan - Jangan pernah memasukan makanan anda kedalam tas tanpa membukusnya terlebih dahulu :) yang jelas walaupun banyak warung yang bisa ditemukan nanti, tetap anda harus membawa makanan terutama yang kering dan bisa bertahan lama, misalkan oatmel atau bagi orang melayu mie instan tetap harus diberi ruang, juga beberapa batang coklat bila diperlukan. 

Alat Masak - Jika anda akan memasak  sendiri, Anda  perlu membawa panci untuk melakukan segala jenis keperluan, mulai dari menanak nasi, memanaskan lauk pauk hingga menyeduh air panas untuk kopi, saya sarankan membawa panci yang berukuran sedang saja. Anda tidak perlu membawa panci yang berbeda-beda untuk memasak  Satu hal yang baik untuk dilakukan sebelum anda menjalani tur yaitu mencoba dulu dirumah sebelumnya, ini akan memberi anda gambaran tentang apa yang akan terjadi pada saat di luar nanti.

Korek Api - Anda juga harus membawa beberapa korek api, bisa yang gas atau batangan biasa, tapi saya sarankan membawa yang tahan air saja, menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti hujan badai yang bisa membasahi  tas anda, sehingga aman untuk membuat api guna memasak makan malam anda atau sekedar menghangatkan badan.

Sleeping Bag - Apa beberapa jenis kantong tidur untuk anda bawa tergantung kemana tujuan anda, ke gunung yang dingin atau ke pantai yang cenderung panas,  Yang pertama adalah Coleman Canyon itu adalah tas tas tidur musim panas, yang ini sangat kecil dan tipis, Kantong tidur lainnya adalah North Face Cat Meow, ini jenis tas tidur untuk musim dingin, jauh lebih besar dari tas musim panas, tapi jelas lebih layak dengan ruang ekstra ketika cuaca semakin dingin. 

Kunci Sepeda - Memilih kunci sepeda yang tepat sangatlah penting. Rekomendasi saya adalah Bicycle coil cabel Lock On Guard Doberman 5029 karena cukup tebal dari usaha pemotongan oleh pencuri guna mengamankan sepeda dan panniernya.

Ban Dalam cadangan - Jika Anda mendapati ban anda bocor saat di jalan, sebaiknya tidak menambalnya saat itu, karena akan repot, sebaiknya ganti saja dengan ban cadangan yang anda bawa. Tambalah ban yang bocor tadi saat anda sudah sampai di tempat tujuan antara. Patch kit tetap harus ada dalam check list perjalanan anda.

Tenda - Memilih tenda sangatlah penting, karena tenda adalah rumah anda saat diperjalanan. Jika anda melakukan perjalanan sendiri atau berdua, tenda kecil sudah cukup. Saya memiliki MSR Zoid 2 dengan daya tampung untuk dua orang yang bisa dibangun dengan cepat dan ada sejumlah alasan kenapa memilih tenda ini. Alasan pertama adalah karena ringan, ketika dilipat ukurannya cukup kecil, namun cukup besar untuk menampung saya dan semua pannier pada saat malam hari. Saya juga suka tenda ini karena memiliki flysheet. Tenda ini bermanfaat untuk melindungi saya di malam hari.

Pompa Sepeda - Anda harus membawa pompa sepeda yang baik dalam perjalanan. Salah satu alternatif yang bagus adalah pompa Topeak Harpoon S2 Master Blaster yang berukuran medium. Secara ukuran dan berat sangatlah berharga dengan kualitasnya yang bagus. Jangan buang uang percuma dengan membeli pompa yang murah karena keberhasilan perjalanan anda dapat bergantung pada satu alat kecil ini.

Pengungkit Ban - Alat pengungkit ban ini biasanya terbuat dari plastik keras berfungsi penting untuk mengganti ban anda dalam waktu singkat. Biasanya dalam toolset berisi tiga buah, tapi dengan menggunakannya dengan dua buah saja sudah cukup. 

Kunci Serbaguna - Tidak seperti Leatherman, alat serbaguna ini penting untuk keberhasilan anda dalam perjalanan. Alat-alat ini biasanya terdapat semua ukuran kunci hex yang akan bermanfaat saat sepeda anda bermasalah di jalan, bersama dengan obeng, alat rantai, dan mungkin sebuah pisau! Ada banyak jenis multi-tools dipasaran pilihlah yang berlkualitas saja.

Pelumas Rantai - Ada sejumlah pelumas rantai yang beredar. Peruntukannya ada yang untuk cuaca kering tapi ada juga  untuk yang lembab. Tanyakan pada bengkel anda apa yang terbaik untuk perjalanan anda. Tapi apapun jenisnya andalah yang memutuskan untuk menggunakannya dan pastikan untuk tidak meninggalkan rumah tanpa membawa itu!

Tali - Bawalah tali elastis yang diujungnya ada kaitannya, digunakan terutama saat ingin menyimpan sesuatu di rak belakang, bawalah beberapa buah sebagai cadangan, karena pada saat diperjalanan ada kalanya tali tersebut rusak.

Alat mandi - Simpanlah semua alat mandi  dalam satu tas tersendiri.  Gunakan tas mandi  yang terorganisir, karena dengan cara itu, ketika akan mandi, cukup mengambil tas dan pakaian ganti saja, Sangat penting untuk dicatat bahwa di tas tersebut juga berisi tempat untuk handuk. carilah handuk yang bisa dilipat kecil dan cepat kering.

Pakaian - Hal terakhir yang harus dibawa pada saat perjalanan adalah pakaian. Apa yang akan anda bawa terserah anda, tapi di sini ada daftar yang mungkin bisa menjadi referensi. 

1 Jacket Hangat
1 Celana Jeans
1 Jas hujan
1 spasang celana pendek
2 T-Shirts
3 Pasang pakaian dalam
1 Pasang kaus tangan
3 Pasang kaus kaki
1 Pasang kaus kaki tidur 
1 Sarung :)
1 Sweater
1 pasang kaus tangan bersepeda.




Comments

Popular Posts