Maukah Sepeda Touring HIGH-END ini Menjadi Sepeda Baru Anda?


ULASAN
Sepeda Co-Motion
"Pangea"





Saat pertama melihat, sepeda Co-Motion Pangea ini tampak seperti sepeda gunung Hardtail biasa dengan setang dropbar dan semua kelengkapan yang dibutuhkan untuk memasang spatbor, rak depan dan belakang. Namun selanjutnya, mirip sepeda roadbike yang tampilannya sporty dengan rem cakram dan ban sepeda gunung berukuran 26 inci. 

Pangea adalah jenis sepeda touring yang dibuat oleh pabrik sepeda kecil di Eugene Oregon Amerika yang bernama Co-Motion. Pangea adalah salah satu model sepeda turing off-road dari perusahaan ini. karena menyangkut beberapa inovasi, Pangea mungkin telah menjadi wajah dari Sepeda touring modern.

Selama 7 tahun terakhir, saya telah menggunakan Co-Motion Pangea ini sebagai satu-satunya alat transportasi untuk menemani perjalanan penuh perjuangan di  44 negara  di Amerika, Eropa dan Afrika. Saya telah mengujinya di jalan aspal mulus, jalan kerikil bergelombang, jalur trek tunggal yang berangin dan juga medan-medan yang berbatu. Saya gunakan Pangea untuk melintasi musim panas yang terik di gurun pasir di Mesir dan Afrika Selatan dan badai salju musim dingin yang membeku di Slowakia dan Ukraina.

Dalam tinjauan ini saya akan berbagi dengan anda tentang kelebihan dan kelemahan Pangea. Saya akan memberitahukan Anda bagaimana saya melakukan perjalanan dengan sepeda di pesawat terbang, bus, kapal, dan kereta api dengan menggunakan sistem Coupler S & S Opsional Pangea (disebut juga "Co-Pilot Option" dalam istilah Co-Motion) saya akan mengulas setiap komponen sepeda, mulai dari  rangkanya (yang merupakan inti dari setiap sepeda touring) sampai membahas roda gigi, F/R derailleurs, rem cakram, sadel, roda, ban dll.


FRAME & FORK.

Terbuat dari besi tabung Reynolds 725 yang tangguh, Co-Motion Pangea dibuat dengan  kualitas sebuah sepeda touring yang bagus. Rangka besi yang kuat membuat sepeda ini mampu membawa beban yang berat, namun cukup fleksibel untuk memberi Anda tumpangan yang nyaman - sesuatu yang sangat penting ketika Anda harus  menghabiskan waktu berjam-jam diatas jok setiap hari, berminggu-minggu bahkan Berbulan-bulan.

Karakteristik rangka sepeda yang paling mencolok dari Pangea adalah Headtubenya yang besar yang terbuat dari bahan Chro-Moly, dan diisi InSet 44mm Internal Steerer produksi Chris King. Headtube yang dipasang pada sudut  71 derajat atau 71,5 derajat (tergantung ukuran  sepeda) adalah sudut yang sempurna untuk mengendalikan beban berat dengan kontrol penuh di  sepeda turing Anda,.

Di bagian belakang, Chainstays yang panjang memungkinkan Anda memasang pannier  dari bermacam ukuran ke rak belakang tanpa harus khawatir tumit kaki Anda terganggu. 

Alih-alih memiliki chainstays lurus, Co-Motion Pangea membuatnya melengkung yang unik, memanjang dari Bottom Bracket lalu melengkung ke luar di sekitar roda belakang, dimana hal tersebut memberikan ruang ekstra yang dibutuhkan untuk ban lebar 26" dan rem cakram Avid BB7.

Sementara Chainstays melengkung ini memberi Anda  ruang yang dibutuhkan saat di perjalanan, saya merasakan  bahwa Chainstays (terutama yang ada di sisi kiri) kadang-kadang akan menggulung tumit sepatu ukuran 12 saya yang besar. Seorang pengendara sepeda dengan kaki yang lebih besar, mungkin akan mendapat hambatan yang lebih besar lagi di area ini. Anda harus mengakui fakta bahwa pilihan sepatu, pedal dan cleat serta posisi pemasangan cleat juga merupakan faktor utama dalam hal ini.

Rangka Pangea ini tersedia dalam tujuh ukuran (44cm, 48cm, 52cm, 54cm, 56cm, 58cm dan 62cm). Namun, satu hal yang membuat pemesanan sepeda Co-Motion berbeda dengan ketika membeli sepeda biasa yang sudah jadi, adalah bahwa perusahaan ini  sangat teliti dan peduli  untuk memastikan Anda mendapatkan sepeda dengan ukuran yang tepat sesuai kebutuhan. Ini berarti sebelum Anda melengkapi pesanan untuk sepeda Co-Motion, semua ukuran badan akan diambil dan dianalisis mendalam tentang dimensi tubuh. Jika Co-Motion menentukan bahwa Anda memerlukan rangka sepeda khusus (mungkin karena Anda sangat tinggi atau memiliki kaki yang sangat pendek), perusahaan akan memberi Anda rangka yang telah disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan Anda.

Ketika pertama kali menerimanya sempat terpikir "Ini terlalu kecil”. Karena saya telah menggunakan sepeda dengan roda 700c selama beberapa tahun sebelum mendapatkan Pangea ini, dan roda 26”  pada rangka Pangea membuat sepeda terlihat lebih kecil dari sepeda touring saya yang lain.

Namun begitu saya mencobanya ternyata tidak terlalu kecil juga. Sepedanya pas seperti sarung tangan.. dan setelah lebih dari sembilan belas tahun mengelilingi dunia, saya hanya bisa bilang bahwa Co-Motion Pangea adalah sepeda paling nyaman yang pernah saya miliki.

Akhirnya ketika harus memasang peralatan  yang dibutuhkan untuk  menyimpan botol air, spatbor dan rak depan dan belakang, Co-Motion Pangea sudah lengkap. Tidak hanya ada dua titik pemasangan /eyelet yang berbeda pada bagian depan dan belakang rangka untuk rak dan spatbor, namun sepeda tersebut dilengkapi juga dengan tempat untuk bisa menampung hingga tiga botol air (dua di dalam rangka dan satu di bagian bawah tabung). Memiliki ruang tambahan untuk botol air,atau tempat untuk membawa bahan bakar untuk kompor camping anda adalah tambahan yang bagus (walaupun ini adalah fitur umum pada kebanyakan sepeda touring kelas atas).


PILIHAN WARNA.

Hal lain yang istimewa dalam cara pembelian sepeda Co-Motion adalah sepeda ini tidak diproduksi secara massal seperti di Asia atau di tempat lainnya. Sebagai gantinya, perusahaan membuat sepeda secara handmade yang dibuat oleh tangan-tangan terampil di Amerika saja.  Saat memesan sepeda dari Co-Motion, rangka dibuat kemudian pilihan warna diserahkan kepada  Anda, baru ditambahkan komponennya.

Co-Motion memiliki tiga tipe cat utama yang bisa digunakan, dimana setiap jenis memiliki lebih dari selusin warna berbeda yang bisa Anda pilih.




Banyak pemilik Co-motion memilih warna dasar yang solid dan kemudian memilih warna yang berbeda untuk huruf "Co-Motion" pada rangkanya. Sebagai contoh, saya memilih warna cat Ghost White untuk rangka Pangea saya dan kemudian menggunakan stiker Co-Motion hitam untuk huruf pada bingkai.

Pilihan lain yang populer adalah memiliki desain tiga warna, yang menampilkan satu warna dasar, Satu warna highlight, yang berbatasan dengan huruf Co-Motion pada rangka, Dan kemudian warna yang terpisah untuk huruf Co-Motionnya itu sendiri. Inilah yang oleh Co-Motion disebut sebagai "Panel" dalam pemilihan cat dan hanya satu dari sekian banyak pilihan cat untuk sepeda baru Anda.

Jika anda mempunyai  gaya desain yang lain, Co-Motion siap bekerja sama dengan Anda untuk menghasilkan warna cat sesuai dengan yang Anda inginkan, tentunya dengan biaya tambahan.


SEKRUP S&S TAMBAHAN.

Membahas rangka Co-Motion Pangea tidak akan lengkap tanpa menambahkan sistem sekrup S&S yang dapat Anda pilih untuk dipasang pada sepeda Anda, seperti yang saya lakukan. Sekrup S&S adalah sistem lepas sambung yang dipasang pada bingkai sepeda yang memungkinkan untuk dipisah saat diangkut dengan mobil, bus, kapal, pesawat terbang ataupun kereta api dan kemudian dirangkai kembali dengan mudah saat tiba di tempat tujuan. Jika Anda menginginkan sepeda touring yang benar-benar bisa mudah pergi kemana-mana, Sistem sekrup S&S adalah opsional yang patut dipertimbangkan dengan serius.




Saat sepeda touring yang bagus itu harus dibuat kuat dan lentur, sistem sekrup S&S sedikit mencederai rangka sepeda Anda, namun itu tidak membuatnya menjadi  lemah atau rentan terhadap kerusakan. Sistem sekrup  digabungkan dengan  cara yang sangat sederhana. Pertama-tama,  gigi interlocking digandengkan dan ditempel, kemudian diamankan dengan sekrup berputar seperti mur untuk mencegah lepas pada saat Anda mengendarai sepeda. Kunci pas S&S diperlukan saat mengencangkan dan melepaskan, jadi sangat penting agar Anda tidak kehilangan kunci ini yang disertakan pada saat pembelian sepeda.  Mungkin diperlukan pukulan sederhana dengan palu dalam situasi darurat. Atau menggunakan pengunci bottom braket untuk melonggarkan dan / atau mengencangkan sekrup tsb.

Dengan sepeda yang dibangun dan dilengkapi oleh sistem sekrup S&S, Anda dapat dengan mudah mengangkut sepeda menggunakan hampir semua sarana transportasi, dan dalam banyak kasus anda dapat menghemat sejumlah besar uang dengan terbang dengan sepeda Anda dalam keadaan terurai.  

Untuk membagi sepeda  menjadi dua dengan penggunaan skrup S&S-nya, hanya ada dua hal yang perlu Anda lakukan. Pertama-tama, lepaskan tiga kabel yang mengalir di sepanjang tabung bawah. Ini adalah kabel untuk rem belakang dan derailleurs depan dan belakang. Jika Anda memesan Pangea Anda dengan sistem sekrup S&S opsional, kabel pada sepeda Anda akan dilengkapi dengan lampiran khusus di tengahnya sehingga memungkinkan kabel terpisah dua. Jika Anda memesan rangka Pangea biasa tanpa skrup S&S, kabel pada sepeda Anda tidak akan memiliki lampiran khusus di tengahnya.




Setelah Anda melepaskan kabel, gunakan kunci pas S&S yang disertakan dengan Pangea Anda untuk melonggarkan dua lampiran sekrup. Hal ini mudah dilakukan hanya dengan satu sentuhan pendek kunci pas. Setelah penyisipan sekrup S&S sebelah luar dilonggarkan, Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk melonggarkannya. Begitu kedua skrup dilepas, sepeda akan terbelah dua tanpa Anda harus melakukan banyak hal. 

Jika Anda mengemas sepeda untuk di dalam mobil, kapal, bus atau kereta api, biasanya tidak ada hal lain yang harus Anda lakukan. Anda bisa menyimpan rak depan dan belakang, spatbor, tempat botol air dan apapun yang ada di sepeda seperti aslinya. Namun, jika Anda berencana untuk terbang dengan sepeda, anda akan membutuhkan Co-Motion Co-Pilot Case atau kotak dus khusus, Anda harus melepas spatbor, depan dan Rak belakang, tempat botol air dan hal lain yang Anda miliki di sepeda dan semuanya pas di dalam kotak tsb walaupun membutuhkan sedikit waktu. 




GEARING.

Pada sepeda touring, chainring yang besar mungkin tidak terlalu penting, berbeda dengan roadbike yang kadang diperlukan untuk kecepatan tinggi. Disini chainring yang kecil justru diutamakan, karena gigi yang kecil memungkinkan Anda mendaki bukit yang lebih terjal bahkan dengan beban berat sekalipun dengan hanya sedikit tenaga.

Co-Motion Pangea memakai crankset FSA Afterburner dengan kombinasi gigi (48, 36, 26). Angka 26 di sini mungkin nomor yang paling penting untuk anda  diperhatikan. Angka ini berarti hanya ada 26 gigi pada chainring terkecil, yang merupakan gigi rendah yang sangat bagus untuk dimiliki pada sepeda touring off-road seperti Pangea. Banyak sepeda touring lainnya memiliki gigi terkecil dengan ukuran 30, 32 atau sebanyak 36 gigi, yang berarti mendaki bukit terjal dengan sepeda ini bisa menjadi mimpi buruk total.

Saya jarang menggunakan gigi terendah di Pangea. Bahkan di perbukitan yang paling curam sekalipun, biasanya saya pakai  roda gigi kedua atau ketiga terendah sepeda, yang berarti masih ada ruang untuk beralih ke roda gigi yang lebih rendah jika saya memerlukannya. Inilah yang Anda inginkan dalam sebuah sepeda touring yang bagus.

Secara keseluruhan, saya akan mengatakan bahwa Pangea memiliki perlengkapan touring sepeda terbaik yang ada di pasaran. Gigi kecil sangat cocok untuk pendakian. Gigi tengah sangat bagus untuk perjalanan sepeda kota,  Dan roda gigi yang besar sangat ideal saat melaju dengan kecepatan tinggi di jalan datar atau ingin melaju kencang diturunan.




DERAILLEURS / DRIVETRAIN.

Komponen yang terpasang di sepeda Pangea adalah dari  kelas atas, itu alasan mengapa sepeda  ini jauh lebih mahal daripada sepeda touring produksi massal atau yang lainnya.

Derailleur depan pada Co-Motion Pangea adalah Shimano 105 dan derailleur belakang adalah Shimano XTR. Dua jenis derailleurs ini biasa digunakan pada sepeda kelas atas yang dirancang untuk meminimalisir masalah pada tur sepeda jarak jauh Anda.

Sejak pertama kali membeli Pangea lebih dari setahun yang lalu, saya bahkan belum pernah menyentuh derailleur. Saya tidak pernah melakukan penyesuaian atau perbaikan jenis apa pun ke komponen manapun. Saya membersihkan derailleurs dengan sabun dan air, dan menambahkan sedikit pelumas bila perlu, hanya itu saja yang saya lakukan.




STI ATAU BAR-END SHIFTERS.

Sama seperti Anda memilih untuk menambahkan sekrup S&S sebagai optional dan memilih warna cat  Anda sendiri, Anda juga memiliki pilihan untuk melengkapi Co-Motion Pangea Anda dengan Shifter STI yang biasanya ditemukan di sepeda balap jalanan.

Sepeda touring tradisional akan menggunakan bar-end shifter karena harganya yang murah dan mudah untuk diperbaiki dimanapun, Namun anda juga bisa memilih yang sedikit lebih mahal dan lebih rumit dengan menambahkan shifter STI ini ke sepeda Pangea Anda dengan tambahan $ 250 USD.

Sementara shifter STI mungkin lebih disukai, karena rem dan shifternya digabungkan menjadi satu yang memudahkan Anda mengerem atau merubah gigi tanpa memindahkan tangan Anda di setang, Jika ada sesuatu yang salah dengan shifter STI Anda di wilayah terpencil walau jarang terjadi, Anda dalam masalah besar!

Inilah sebabnya mengapa meskipun saya telah menggunakan Shifter STI di sepeda jalanan saya sebelumnya dan bahkan beberapa sepeda touring saya di masa lalu, saya memutuskan untuk melengkapi Pangea Co-motion saya dengan shiftter bar-end.

Perpindahan yang mudah dan harganya yang relatif murah, gampang  diperbaiki jika ada masalah di wilayah terpencil di dunia, namun memang harus membiasakan diri. Dengan shifter bar-end, setiap kali Anda ingin mengganti gigi, Anda harus menggerakkan tangan dari ujung setang sampai ke ujung bilah, dan menggerakkan shifter secara manual ke posisi yang benar.

Ketika tiba saatnya untuk memutuskan apakah Anda menggunakan Shifter STI  atau bar-end pada sepeda touring Pangea Anda, pertimbangkan preferensi pribadi Anda, tapi lebih dari segalanya, pertimbangkan di mana Anda akan berpetualang  dan jenis suku cadang mana yang akan banyak tersedia jika shifter Anda rusak atau perlu diperbaiki.

Secara umum, jika Anda berencana untuk bersepeda di Amerika Utara, Eropa atau Australia / Selandia Baru, Anda akan benar-benar aman berkendaraan dengan Shifter STI  di sepeda touring Anda. Jenis ini biasanya ditemukan di banyak toko sepeda di wilayah dunia ini.

Namun, jika Anda berencana mengendarai Pangaea Co-Motion Anda di Amerika Selatan, Afrika atau bagian Asia yang belum berkembang, pertimbangkan untuk memperlengkapi sepeda Anda dengan shifter bar-end. Sementara saya tidak memiliki masalah apa pun dengan shifter bar end di Pangea saya selama 14 bulan terakhir, jika shifter Anda rusak dan perlu diperbaiki, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan di seluruh penjuru dunia ini jika Anda memiliki shifter bar-end pada sepeda Anda.


DISC BRAKES.

Kontradiksi lain dari Co-Motion Pangea ini adalah rem cakram depan dan belakang. Sekali lagi, sepeda touring tradisional cenderung menggunakan komponen yang sederhana, sehingga jika terjadi kerusakan di tempat yang jauh, komponen  dapat ditemukan dengan mudah. Pangea dilengkapi rem cakram Avid BB7 dan rotor 160mm, Anda tidak sulit memperbaiki rem ini di pelosok dunia, jika ada yang kerusakan.

Konon, rem cakram Avid BB7 yang dipasang di Co-Motion Pangea adalah rem yang bagus untuk dimiliki oleh sepeda touring,  sementara beberapa pengguna mungkin sedikit mengeluh dengan suara yang kadang memekik jika tidak disetel dengan benar. Tapi secara keseluruhan fungsi rem ini berjalan sangat baik untuk memperlambat dan menghentikan sepeda touring berat seperti Pangea.
























Di turunan yang curam, entah di jalan beraspal, jalan setapak berbatu atau jalan tanah yang tertutup salju, rem di Co-Motion Pangea berjalan efektif dan dapat diandalkan. Selama 14  bulan perjalanan dengan Pangea, satu-satunya penyesuaian yang perlu dilakukan pada rem adalah mengganti satu set pad brake baru ke rem belakang setelah 10 bulan digunakan. Saya telah memakai lubang di tengah pad rem belakang, tapi mudah diganti dengan set bantalan rem baru yang bisa saya temukan di sebuah toko sepeda kecil di Cape Town, Afrika Selatan.

Ada dua fitur hebat yang perlu diperhatikan tentang rem di Co-Motion Pangea.

Pertama-tama, remnya adalah rem kabel bukan rem hidrolik. Sementara pengendara sepeda gunung akan mengklaim bahwa rem hidrolik lebih baik karena lebih responsif. Rem kabel (terutama pada sepeda yang bisa dibagi dua bagian dengan penggunaan skrup S&S) adalah sangat ideal. Rem kabel lebih baik pada sepeda touring seperti Pangea karena lebih mudah diperbaiki. Jika kabel putus, Anda bisa menemukan penggantinya di manapun di dunia ini

Manfaat lain untuk menggunakan rem kabel versus rem cakram hidrolik adalah rem cakram hidrolik memerlukan alat khusus, cairan khusus dan banyak lagi untuk menjaganya agar tetap bekerja dengan baik. Jika cairan di rem hidrolik Anda bocor dan Anda berada di tengah Peru, misalnya, Anda tidak memiliki cara untuk memperbaiki rem tanpa membawa semua alat yang diperlukan untuk memperbaiki rem Anda sendiri .. atau anda harus mencari toko khusus yang mampu memperbaiki rem cakram hidrolik. 

Manfaat utama lainnya pada rem Co-Motion Pangea adalah bahwa rem itu sangat mudah menyesuaikan diri. Di setiap sisi rem ada lingkaran kemerahan kecil yang bisa diputar ke kiri atau kanan, tergantung pada apakah Anda ingin menggerakkan bantalan rem lebih dekat atau jauh dari rotor rem cakram. Kedua lingkaran di setiap sisi rem memungkinkan Anda mengatur rem cakram dengan mudah tanpa menggunakan alat khusus dan menyesuaikan kepekaan rem depan dan belakang Anda, tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan perjalanan spesifik anda.


SADEL.

Saat mengendarai sepeda, tubuh Anda melakukan kontak dengan tiga bagian sepeda yang berbeda-beda, pedal, setang, dan sadel. Yang paling penting dalam hal kenyamanan bersepeda adalah sadel, di mana Anda  akan menghabiskan beberapa jam diatas sepeda setiap hari.

Ketika saya pertama kali melihat sadelnya yang bergaya balap dan terlihat keras namun cukup aerodinamis di Co-Motion Pangea, saya yakin saya harus menukarnya dengan yang lebih nyaman. Tapi sebelum saya melakukannya, saya mencoba dulu  Selle Italia Nekkar Flow yang telah terpasang tersebut. "Siapa tahu," pikirku dalam hati, "Mungkin sadelnya akan terasa nyaman." Dan apa yang terjadi? Saya benar! Pelana di Co-Motion Pangea memang terlihat seperti kursi yang keras dan tidak nyaman untuk sepeda touring jarak jauh, tapi sebenarnya lebih fleksibel dan nyaman daripada yang terlihat, dan ini adalah sepeda yang hebat.




Bila Anda mencari sadel sepeda, Anda harus memilihnya sama seperti jika Anda mencari kasur untuk tempat tidur Anda. Anda menginginkan sesuatu yang kokoh  dan memberi Anda dukungan yang Anda butuhkan. Itulah sadel yang terpasang pada Co-Motion Pangea. Terlihat keras dan kaku, tapi sebenarnya cukup nyaman begitu Anda duduk di atasnya. Selama 14 bulan terakhir, saya tidak pernah mengeluh tentang sadel  saya sekali pun. Saya menikmati kenyamanan setiap hari, tanpa rasa sakit apapun di punggung bawah, pantat atau selangkangan.

Co-Motion juga menawarkan sadel Selle Anatomica kepada para pelanggannya, yang merupakan sadel populer untuk touring sepeda.


RODA & BAN.

Di antara sepeda turing, Co-Motion Pangea ini unik karena alih-alih menggunakan velg 700c dan ban touring yang ramping, sepeda ini memakai velg ukuran 26 inci dan ban dengan lebar 2.1 inci. Roda pada Pangea dibangun dari Hub DT Swiss 540 yang berkualitas tinggi, Velg Velocity Aeroheat dengan 36 buah jari-jari besi. Selama saya pakai, saya tidak memiliki masalah dengan hub, jari-jari, maupun velg sepeda.




Ban 26 "x 2.1 Continental Town & Country yang datang bersama sepeda, hanya bertahan 34 hari sebelum harus diganti.  Secara keseluruhan saya suka ban ini. Bannya benar-benar mulus di bagian tengah ideal untuk digunakan di jalan.  Secara teori, ban yang menyertai Co-Motion Pangea sangat ideal untuk pemakaian on-road/off-road, bannya memberi tampilan yang berbeda pada sepeda touring lainnya yang ada di pasaran. Tapi aku punya dua masalah utama dengan ban.  

Pertama-tama, ban memberikan sedikit daya tarik dalam kondisi off-road. Saya berusaha keras bila ada tanah yang keras atau permukaan aspal yang ditutupi dengan pasir ringan atau kerikil. Dalam kondisi seperti ini, bagian tengah ban yang datar tidak mampu mencengkeram permukaan jalan dan ban belakang saya berputar tanpa banyak bergerak. Kedua, yang terpenting, ban itu hanya bisa dipakai selama 34 hari. Setelah sekitar dua minggu, saya melihat ban mulai retak di dekat pelek  di sisi ban, memaksa saya untuk membeli ban baru.

Selama tur sepeda, saya tidak pernah merasakan ban rusak dengan begitu cepat. Sebagai contoh, ban yang saya ganti dengan ban Town & Country asli adalah merek tanpa nama yang saya beli di toko sepeda di Belgia. Sementara ban Continental Town & Country yang menyertai Pangaea hanya berlangsung 1 bulan, penggantian ban komuter murah ini berakhir selama 13 bulan yang tersisa dimana saya pakai di jalanan Eropa dan Afrika.

Saya tidak tahu mengapa ban di Pangaea rusak begitu cepat. Saya tidak pernah memakai ban yang kurang angin, saya memperlakukannya tidak berbeda dengan ban dari Belgia. Saya menduga bahwa saya menerima ban bekas saat membeli sepedaku. Mungkin ban ini sudah tersimpan di  toko untuk sekian lama dan mengalami kerusakan karena faktor penyimpanan, terpapar matahari, atau semacamnya dan inilah mengapa ban itu hanya kuat dipakai  34 hari pertama tur sepeda saya. Kurasa aku tidak akan pernah benar-benar tahu.


BAGAIMANA RASANYA?

Salah satu hal terbaik dari Co-Motion Pangea adalah betapa nyamannya sepeda itu, terlihat ringan, sporty dan sadel yang terlihat agak kaku, sepedanya sendiri sangat enak untuk dikendarai. Selama 14 bulan saya di jalan, saya tidak pernah mengeluh karena sakit punggung, pantat, leher atau tangan. Saya memakainya di kecepatan rendah juga tinggi, menyusuri jalur gunung yang curam atau menuruni bukit di sisi yang berlawanan. Disaat berangin, hujan, matahari dan salju, Pangea melaju seperti mimpi, dan saya merasa nyaman mengemudi di atas tanah, batu, pasir, dan salju.





PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN.

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa pertanyaan paling umum yang saya dapatkan sehubungan dengan sepeda touring Co-Motion Pangea, beserta jawaban saya atas pertanyaan-pertanyaan itu. 

Berapa biaya untuk Co-Motion Pangea?

Anda dapat membeli rangka Co-Motion Pangea berikut fork seharga $ 1.965 USD. Sepeda yang lengkap berharga $ 3,925 USD dengan tambahan seperti coupler S & S opsional, shifter STI, dan lain-lain, harga ini sewaktu-waktu bisa berubah.

Berapa berat Co-Motion Pangea?

Sepeda lengkap dengan pedal dan kedua rak depan dan belakang serta fender berbobot sekitar 15,5 kilogram. Itu bobot lengkap sepeda, tapi bagaimanapun akan sangat bervariasi tergantung pada peralatan yang Anda pilih untuk dibawa bersama Anda, durasi perjalanan, jenis akomodasi yang direncanakan untuk digunakan selama perjalanan (berkemah atau Hotel), dan sejumlah faktor lainnya. Konon, Pangea bisa menopang berat sampai 30 kg. Semakin sedikit bobot yang Anda bawa, semakin nikmat perjalanan Anda.




Ada berapa ukuran yang tersedia?
Rangka Pangea tersedia dalam tujuh ukuran siap pakai (44cm, 48cm, 52cm, 54cm, 56cm, 58cm dan 62cm). Namun, Anda dapat memiliki frame khusus yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Hubungi saja Co-Motion atau dealer Co-Motion setempat untuk informasi lebih lanjut.

Mengapa Co-Motion Pangea memakai setang dropbar?
Banyak orang beranggapan bahwa setang dropbar hanya digunakan untuk sepeda roadbike agar bisa mendapatkan posisi aerodinamis. Namun, dropbar di sepeda  touring bukan karena kebutuhan akan kecepatan atau penurunan hambatan angin, namun karena dimungkinkan untuk banyak berganti posisi tangan.

Jika Anda mengendarai sepeda dan menjaga posisi Anda sepanjang hari selama berhari-hari, berminggu-minggu dan berbulan-bulan, Anda mungkin akan mengalami sedikit rasa sakit di telapak tangan, pergelangan tangan, siku dan lengan Anda. Hal ini juga sangat mungkin bahwa Anda akan menderita sedikit kerusakan saraf parah jika Anda tidak pernah menggerakkan tangan Anda saat mengendarai sepeda Anda.

Setang dropbar memungkinkan Anda untuk menggerakkan tangan Anda, memberi Anda setidaknya 12 atau lebih posisi tangan yang berbeda dan itu sangat mengurangi kemungkinan Anda akan mengalami rasa sakit atau kerusakan saraf pada perjalanan sepeda jarak jauh Anda.

Mengapa Pangea memakai ukuran roda 26"?
Ada dua manfaat utama menggunakan ban 26 inci pada sepeda touring seperti Co-Motion Pangea.
Pertama-tama, lebar ban 2 inci cocok untuk perjalanan off-road. Kedua, ban 26 inci banyak ditemukan di seluruh dunia. Ini berarti bahwa jika Anda berencana melakukan tur sepeda di daerah terpencil di dunia, lebih baik menggunakan sepeda dengan ban / roda 26 inci daripada sepeda dengan ban / roda 700c. Menemukan ban 26 inci lebih mudah, tidak peduli di mana Anda berada di dunia ini. Hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk sepeda dengan ukuran ban / roda 700c.

Jika Anda mencari sepeda touring dengan ban / roda 700c atau 29 inci, Co-Motion memang membuat model sepeda touring lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Apakah ban lebar 26 x 2,1 inci bisa memperlambat di jalan aspal?
Ban yang lebih lebar di Pangea mungkin memperlambat sepeda turun sedikit bila dibandingkan dengan ban yang lebih kurus dan lebih tradisional. Namun, dalam skenario tur jarak jauh, kecepatan biasanya bukan menjadi hal yang utama, kebanyakan pelancong sepeda tidak akan merasakan penurunan yang signifikan akibat ban yang lebih lebar yang ditemukan pada sepeda touring ini.

Mengapa sepeda touring touring off-road ini tidak memiliki suspensi di atasnya?
Co-Motion Pangea adalah sepeda yang dibuat untuk memenuhi permintaan sepeda touring jalanan dan off-road. Nyaman dipakai  di jalan beraspal, tapi juga dijalan offroad. 

Konon, sebuah sepeda touring yang dilengkapi dengan dua atau empat buah pannier dan dipakai di jalan berbatu tidak akan sebaik sepeda gunung yang memakai suspensi depan dan belakang. Kedua sepeda itu memang dirancang dengan tujuan yang berbeda.

Pangea tidak memiliki suspensi diatasnya karena meskipun suspensi bisa membuat perjalanan lebih nyaman bagi Anda, hal  ini bisa mengurangi efisiensi keseluruhan pada saat turing, tidak menghemat tenaga, malah membuat perjalanan jauh lebih sulit. Saat touring jarak jauh,  umumnya  Anda menginginkan frame sepeda yang kaku namun fleksibel seperti yang ada di Co-Motion Pangea.

Apakah sepadan uang tambahan untuk memasang coupler S & S untuk di sepeda?
Jika Anda berencana bepergian dengan sepeda Anda melalui pesawat terbang, beberapa maskapai penerbangan sekarang mengenakan biaya sebesar $ 350 USD perute untuk terbang dengan membawa sepeda, sehingga masuk akal untuk membeli sepeda dengan sistem skrup S&S dan dapat terbang secara gratis seperti bagasi biasa di sebagian besar maskapai penerbangan internasional.

Dimana saya bisa membeli tur sepeda Co-Motion Pangea?
Cara terbaik untuk membeli sepeda Co-Motion adalah menghubungi dealer Co-Motion setempat - jika Anda memilikinya. Jika tidak, Anda bisa menghubungi perusahaan secara langsung. Situs web mereka adalah www.co-motion.com. Nomor teleponnya (866) 282-6336 dan Anda dapat menghubungi mereka melalui email.

Apakah Co-Motion Pangea tersedia secara internasional?
Meskipun ada kemungkinan untuk membeli sepeda Co-Motion dan mengirimkannya kepada Anda jika Anda tinggal di luar Amerika Serikat, ada beberapa biaya tambahan yang terkait dengan pembelian tersebut. Anda perlu membayar ekstra untuk pengiriman (dan asuransi, jika Anda memutuskan untuk mengasuransikan sepeda selama pengiriman). Maka Anda mungkin harus membayar biaya bea dan / atau impor tambahan. Setiap negara sedikit berbeda dalam hal bagaimana mereka menangani pengiriman sepeda, jadi pastikan untuk melakukan penelitian sebelum memesan sepeda sehingga Anda tahu berapa, jika ada, biaya tambahan yang mungkin perlu Anda bayar untuk menerima sepeda Anda setelah itu. Untuk informasi lebih lanjut tentang pesanan internasional, hubungi Co-Motion secara langsung.




PENILAIAN AKHIR.

Co-Motion Pangea adalah sepeda touring on-road / off-road yang cantik dan dirancang dengan baik, dapat dipakai disekitar rumah atau malahan untuk keliling dunia.  Harga tinggi yang dipatok Pangea memang agak sedikit  menakutkan, namun bagi mereka yang mencari sepeda turing  terbaik di dunia inilah pasangan terbaik mereka.

Kekuatan.
Sepeda touring on-road / off-road berkualitas tinggi yang mampu melakukan perjalanan keliling dunia. Rangka  yang nyaman, setang dan sadel memungkinkan berjam-jam di sepeda. Daya berhenti yang sangat baik berkat rem cakram kabel. Tiga tempat untuk  botol air. Rangka dan cat yang dapat disesuaikan memungkinkan sepeda tampil unik. Ban 26 " membuat suku cadang mudah ditemukan di mana saja di dunia. Opsional S&S couplers memungkinkan sepeda dibagi menjadi  dua bagian sehingga mudah untuk dimasukan ke dalam bus, kapal, pesawat terbang dan kereta api tanpa biaya tambahan.

Kelemahan.
Ban habis terlalu cepat (tapi mungkin saya sedang apes saja?).
Ban licin di jalan kerikil karena pola tapak dasar.
Parts untuk Shifter STI opsional, S&S Couplers dan rem cakram mungkin tidak / sulit ditemukan dibelahan dunia yang belum berkembang.
Harga tinggi mungkin tidak terjangkau oleh beberapa individu.


CARA MEMBELI BICYCLE CO-MOTION.

Untuk membeli sepeda touring Co-Motion Pangea, hubungi dealer Co-Motion setempat atau hubungi Co-Motion secara langsung dengan menghubungi (866) 282-6336 atau kunjungi situs web mereka di www.co-motion.com.


Daren Alff.
Bicycletouringprodotcom.

Comments

  1. Mau saja, cuma belum dibaca artikelnya panjang banget sih he he, kapan-kapan bacanya lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga artikel bro, bukan pesan wa 😁

      Delete
  2. Wah, mantap nih. Harga sesuai kualitas.
    👍👍👍

    ReplyDelete
  3. Total brp Rp.ya sdh sampe di Indonesia

    ReplyDelete
  4. Anonymous09 July, 2020

    Min ada info kah klo di Indonesia pengen instalasi s&s couplers spt itu dimana?

    ReplyDelete
  5. beruntung saya sempat menonton tayangan Drren Allf di You Tube , artikelnya menginspirasi .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts