SRAM atau Shimano ?






Produsen komponen sepeda Shimano dan SRAM menawarkan berbagai produknya dari mulai level bawah hingga atas. SRAM yang berbasis di Chicago berfokus hanya pada pembuatan komponen sepeda kelas atas saja. Sementara Shimano, perusahaan Jepang, memperluas jangkauan produk mereka sampai ke peralatan memancing dan mendayung, meskipun porsi pendapatan terbesar mereka tetap dari komponen sepeda. Shimano adalah pemimpin pasar dalam komponen sepeda dengan pangsa 50% lebih di pasar global.


Jajaran Produk.

SRAM memiliki produk Groupset sepeda gunungnya yang dimulai dari seri  X1, kemudian naik ke X3, X4. X5, X7, X9, X0, X01, hingga ke XX dan XX1 yang lebih profesional. Sementara group set untuk sepeda road bike urutannya adalah : Apex, Rival, Force dan Red.

Untuk  groupset sepeda gunung,  Shimano menggulirkan produknya mulai dari seri SIS sebagai  entry level, kemudian naik ke seri  Tourney, Altus, Acera, Alivio, Deore, SLX, Deore XT, Zee, Saint, XTR dan akhirnya XTR Di2. Sementara Hirarki di seri roadbikenya adalah dari Shimano 2300, ke Sora, Tiagra, Shimano 105, Ultegra, dan sampai Dura-Ace.


Perbedaan Utama Komponen.

Beberapa konsumen berpendapat bahwa antara produk Shimano dan SRAM sama baiknya dalam hal harga, sesuai dengan pilihan yang menyangkut masalah kenyamanan, kualitas dan fungsinya. Namun tetap  ada beberapa perbedaan yang mencolok seperti :

• Rasio alih gerak, (antara shifter dengan FD/RD) berbeda, Shimano bergerak pada rasio 2:1, sementara SRAM pada rasio 1:1. Dengan Rasio 1:1 berarti kabel bergerak lebih jauh untuk setiap perpindahan giginya, mungkin itu yang kadang membuat pengaturan menjadi kurang peka terutama pada saat kondisi berlumpur atau oleh pengaruh yang lainnya.

• Shifter : Pada produk tertingginya, SRAM menggunakan sistem double tap, yang mana satu tuas untuk menggeser ke atas, satu lagi ke bawah yang cukup digerakkan oleh jempol saja. Sementara Shimano menggunakan sistem dua tuas tradisional, untuk naik pake jempol dan untuk turun pakai telunjuk. Namun diperjalanan shimano membuat produk shifternya yang sama-sama bisa di gerakan jempol saja, dan itu dimulai dari seri Deore M675.


Inovasi.

Sistem perpindahan gigi di grip (atau twist shifting) adalah produk terobosan SRAM di industri sepeda, yang memungkinkan pendatang baru untuk mulai bersaing dengan raksasa seperti Shimano. Meskipun di awal-awal sempat mengalami malfungsi dalam kondisi berlumpur, dunia persepedaan akhirnya menerima produk baru tersebut. sejak saat itu SRAM menjadi pesaing utama Shimano dalam komponen bersepeda, karena dari sistem perpindahan gigi di grip itulah nama perusahaan ini meroket. 

Pada tahun 1984, Shimano memperkenalkan sistem pergantian gigi pertamanya dengan cara penghentian terpisah antara roda gigi untuk menggantikan sistem sebelumnya, akhirnya semua sepeda modern sekarang ini dibuat seperti itu. Pada tahun 1990, Shimano menawarkan sistem pedal tanpa klip pertama dengan cara membuat sistem Cleat yang disembunyikan di telapak sepatu, sehingga saat tidak mengayuh sepatu bisa dipakai untuk berjalan normal. Kemudian di tahun 2009 Shimano membuat sistem perpindahan gigi secara elektronik (Shimano XTR Di2) pertama yang di klaim mampu memindahkan gigi lebih cepat daripada sistem berbasis kabel biasa dan sistem itu dapat mengkalibrasi sendiri.


Garansi dan Layanan Pelanggan.

Shimano menawarkan garansi dua tahun untuk kualitas dan pengerjaan material pada beberapa produknya, dan tiga tahun untuk komponen Dura-Ace dan XTR. Klaim garansi bisa dilakukan langsung ke Shimano, atau melalui dealer terdekat. Waktu penyelesaian garansi di klaim hanya 5 hari saja. Shimano bisa dihubungi langsung via telepon ke bagian customer service, namun tidak menerima email. 

SRAM menawarkan garansi dua tahun untuk semua produknya. Namun SRAM berbeda dengan Shimano karena mereka tidak berhubungan langsung dengan konsumen. Semua garansi SRAM dan masalah layanan pelanggan harus ditangani melalui toko sepeda dimana barang itu didapat. Pengaturan ini kadang membuat frustrasi pelanggan yang tidak memiliki akses ke toko sepeda lokal yang baik karena mereka kadang punya kebijakan tersendiri.


Tentang SRAM dan Shimano.

SRAM adalah perusahaan komponen sepeda yang berdedikasi. Perusahaan hanya berfokus pada komponen sepeda dan tidak menyimpang dalam lini produksinya. Melalui serangkaian akuisisi selama bertahun-tahun, SRAM menjadi pesaing utama dominasi pasar Shimano, dan bertujuan menjadi one-stop-shop untuk produsen rangka sepeda dan pemilik merek yang mencari sumber komponen sepeda. Perusahaan menawarkan berbagai produk, mulai dari tingkat pemula sampai tingkat pro, dan estimasi internal memperkirakan pangsa pasar SRAM mereka sekitar 15%. Shimano adalah produsen peralatan outdoor multinasional Jepang, terutama komponen sepeda yang merupakan bagian terbesar dari pendapatan mereka. Selama beberapa dekade, perusahaan ini telah menjadi inovator di industri ini. Pendapatan tahunan mereka dari komponen sepeda tidak diketahui, namun kemungkinan lebih dari $ 1 miliar, dan produk ini menguasai 50% penjualan komponen sepeda global.




Sejarah.

"SRAM" adalah akronim dari nama Scott, Ray, dan Sam, tiga pendiri  perusahaan tersebut. Perkembangan sistem pergantian gigi  mereka telah memberi celah untuk ‘masuk' ke industri ini. Pada tahun 1990, mereka menuntut Shimano untuk menghentikan praktik bisnis yang tidak adil yang menawarkan insentif kepada semua produsen sepeda untuk memakai komponen Shimano di semua produknya. Kasus tersebut diselesaikan di luar pengadilan dan akhirnya SRAM mendapat kesempatan untuk bersaing di industri komponen sepeda. Pada perjalanannya SRAM mengakuisisi beberapa perusahaan, termasuk RockShox, Avid, Truvativ, Zipp, Sachs, dan QUARQ.

Pada era 1970-an, ada peningkatan permintaan sepeda di dunia yang melampaui kemampuan pemasok tradisional Eropa, beberapa perusahaan Jepang, termasuk Shimano mengisi kekosongan tersebut. Shimano menggunakan strategi dengan menawarkan produk berteknologinya yang murah dibanding dengan yang ada di pasar.  Strategi ini berhasil dan melalui inovasi dan visi yang jelas, Shimano akhirnya mendominasi pasar komponen sepeda dunia.



Referensi :

Wikipedia: SRAM Corporation
Wikipedia: Shimano
The Product that Changed the World - Bike Magazine
Shimano MTB Component Hierarchy - ChooseMyBicycle.com
SRAM MTB Component Hierarchy - ChooseMyBicycle.com
Wikipedia: Electronic Gear-Shifting System
Shimano Road Component Hierarchy - ChooseMyBicycle.com

(diffendotcom)

Comments

  1. Big thanks for your Vualuable info namun saya meng-highlight terkait garansi

    Bisakah dibantu informasi atas garansi dan klaimnya ?

    Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts