Specialized Sequoia LIGHT TOURING BIKE The New 2017


veloforfun


Specialized baru saja mengumumkan model terbarunya untuk dimasukan ke jajaran sepeda petualangan mereka yang dinamakan Specialized Sequoia 2017, Sepeda ini diposisikan untuk berada di tengah-tengah antara kelas Specialized Diverge dan Specialized AWOL yang sudah ada sebelumnya.

Nama Sequoia sempat keluar-masuk di lini sepeda Specialized sejak diluncurkan di awal 1980an. Pada saat itu Sequoia adalah sepeda khusus karena memiliki dudukan rack dan fender  dan tambahan jarak yang cukup berguna untuk ban yang lebih lebar dan khusus diciptakan untuk jalan tanah/kerikil.

Dalam tiga dekade, Sequoia masih mempertahankan desain aslinya. Sepeda ini dibuat dengan menggunakan besi yang mana akan disesuaikan dengan bentuk rak depan dan belakang, serta spatbor dan bisa menggunakan ban yang lebih lebar berbeda dengan sepeda biasa atau sepeda cyclocross.



Fork karbon adalah salah satu yang menarik dari Sequoia ini dengan pegangannya yang berbentuk tirus. Routing kabel internal, rak, spatbor, rem cakram dengan dudukanmya yang mendatar didukung oleh sistem Thru Axle - terlihat bagus dan juga sangat fungsional. Lebar forknya bahkan bisa menampung ban sampai 50 mm! Ban yang anda lihat di gambar adalah ban Specialized Sawtooth 42c yang baru, yang dirancang untuk bisa bergulir cepat di medan kerikil.



Frame besi ini memiliki lubang eyelet dimana-mana. Cukup dipergunakan untuk rak belakang, spatbor dan tempat bidon ketiga. Kabel rem dan kabel shifter dikelola dengan sangat rapi di bawah downtube, dan jika anda ingin menggunakan gigi Di2, frame ini sudah siap. Uniknya, sepeda ini menggunakan threaded bottom bracket shell !




Untuk model specialized Expert sudah dilengkapi dengan drivetrain 1X. Ini sedikit lebih simpel, tapi tidak dengan model yang lebih rendah yang menggunakan FD.



Dudukan rem cakramnya yang mendatar dirancang di chainstay super rapi - kita akan segera melihat gaya kaliper ini akan diikuti oleh semua merk sepeda yang bercakram, mereka juga cukup bagus menempatkan titik eyelet untuk raknya.



Specialized telah memperkenalkan model stang barunya di sepeda ini yang menawarkan kenyamanan  di jalur offroad, bentuknya sangat artistik.


Bartape dan tempat duduk dilapisi oleh bahan denim yang bagus untuk memberi kesan unik pada sepeda ini. Sementara untuk model Expert sudah dilengkapi dengan seatpost karbon CG-R yang menawarkan flex vertikal setinggi 20mm guna kenyamanan saat berkendara di jalan yang bergelombang. 



Specialized juga merancang dan menanamkan pelek type Cruzero di sepeda ini yang mana pelek ini lebih lebar dari pelek biasa (25mm internal), untuk ukuran tersebut bisa dipasangkan ban hingga 40-50mm dan bisa memakai ban tubeless. Wheelset Cruzero dibuat dengan sederhana dengan jari-jarinya yang panjang baik pada sisi drive maupun  non-drive untuk roda depan dan belakang. Jika anda ingin ban yang lebih lebar lagi frame Sequoia ini kompatibel dengan wheelset 650B (27,5 inci) termasuk ban 650 × 47.



Sequoia tersedia dalam tiga model yang berbeda dalam enam ukuran yang berbeda pula. Setiap ukuran frame menggunakan perpaduan tubing yang berbeda tapi dengan kenyamanan yang sama. Ketiga sepeda itu semua terbuat dari besi, tapi hanya dua teratas yang akan memakai fork karbon. Model teratas (Sequoia Expert) memakai drivetrain 1x sementara yang lainnya 2x. Jenis sparepart akan berbeda dalam kualitas dan fungsinya berdasarkan harga tiap sepeda. Ada kemungkinan bahwa frameset tingkat Expert akan tersedia dengan harga US $ 1200. Lebih lanjut tentang harga ada di bawah ini.


Specialized Sequoia Expert 2017 US $3500



Specialized Sequoia Elite 2017 US $2500



Specialized Sequoia 2017 US $1300



Perbedaan Sequoia dengan model sepeda petualangan Specialized lainnya.

Sequoia vs Diverge :
- Lebar ban maksimum 10mm lebih lebar pada Sequoia (35 vs 45C).
- Diverge lebih pendek dalam frame mencapai 10mm, tapi sama pada frame stack.
- Diverge memiliki kemudi yang lebih cepat dan lebih gesit seperti sepeda roadbike.
- Diverge 10-15mm lebih pendek dari Sequoia di chainstay-nya.
- Diverge hadir dalam aluminium atau karbon, sementara Sequoia besi.

Sequoia vs AWOL :
- Lebar ban maksimum 5mm lebih sempit pada Sequoia (50 vs 45C).
- AWOL serupa dalam jangkauan frame, namun lebih tinggi pada frame stack sebesar ~ 30mm.
- AWOL memiliki kemudi yang lebih lambat tapi lebih stabil seperti sepeda gunung.
- AWOL 25mm lebih panjang dari Sequoia di chainstay.
- AWOL hadir dengan fork besi, sementara Sequoia hadir dengan garpu karbon di dua model teratas.





Diverge & AWOL





Sequoia with full backpacking



(Sumber : TheRadavist.com & cyclingabout.com)




Comments

Popular Posts